Menaker Minta Disnaker Laporkan Data PHK

Menaker  Minta Disnaker Laporkan Data PHK
Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) meminta Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Kadisnaker) se-Indonesia untuk segera menginventarisir data pekerja yang dapat menerima program Kartu Prakerja, terutama pekerja yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dan dirumahkan akibat terdampak wabah Covid-19. "Kami harap para Kadisnaker segera mengumpulkan dan melaporkan data pekerja ter-PHK dan dirumahkan baik pekerja formal dan informal serta UMKM terdampak Covid-19 untuk mendapatkan kartu prakerja," kata Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah saat Rakor program Kartu Prakerja melalui teleconference dengan para Kadisnaker se-Indonesia di kantor Kemnaker. Menaker Ida menjelaskan, para kadisnaker diminta melaporkan data lengkap by name- by address yang dikirim berupa nama karyawan; nomor kontak; NIK; email; dan pekerjaan. Pengumpulan dan pelaporan data diharapkan dapat segera dilakukan dalam minggu ini agar proses pelatihan berbasis kartu prakerja bisa dimulai.  ā€œSemakin cepat data terkirim, akan semakin cepat kartu prakerja diluncurkan untuk memperoleh akses layanan pelatihan secara online terutama bagi karyawan ter-PHK maupun dirumahkan," kata Ida.
 
 Menaker Ida menambahkan pekerja yang mengalami PHK dan dirumahkan bisa mengakses program Kartu Prakerja sepanjang memenuhi persyaratan. Syaratnya penerima Kartu Prakerja berusia di atas 18 tahun, mengalami PHK atau dirumahkan. "Jika tak memenuhi syarat akan langsung didiskualifikasi. Misalnya, peserta di bawah 18 tahun atau sedang sekolah atau peserta sudah memperoleh bantuan program PKH," katanya.
 
 Semula Kartu Prakerja, lanjut Menaker Ida, ditujukan kepada pencari kerja atau pekerja untuk mendapatkan layanan pelatihan vokasi (skilling dan re-skilling). Skilling menyasar bagi pencari kerja berstatus fresh graduate baik baru lulus sekolah maupun kuliah. Sementara re-skilling menyasar pekerja ter-PHK atau berpotensi ter-PHK. Pembekalan keterampilan ini bertujuan memberikan keterampilan yang berbeda atau baru untuk alih profesi misalnya menjadi wirausaha. Namun Kartu Prakerja akhirnya mengalami perubahan skema untuk merespon dampak Covid-19. Sesuai arahan Presiden Joko Widodo, pemerintah mengubah kebijakan Kartu Prakerja untuk mewadahi para karyawan yang terkena PHK atau dirumahkan, para pekerja harian yang kehilangan penghasilan, dan para pengusaha mikro yang kehilangan pasar atau kehilangan omzet. Nantinya, penerima program dapat mengikuti pelatihan yang disyaratkan industri yang ada dalam layanan Sistem Informasi Ketenagakerjaan (SISNAKER). Dalam Sisnaker ini ada berbagai pilihan jenis pelatihan dan lembaga pelatihan, baik Balai Latihan Kerja (BLK) pemerintah maupun LPK Swasta.
 
 Pelatihan tersebut akan diselenggarakan secara online dan offline. Setelah selesai mengikuti pelatihan, baik online ataupun offline, peserta program nantinya akan mendapatkan sertifikat pelatihan dari lembaga yang diikutinya.
 
 Biro Humas Kemnaker

Share :

Comments


Juanda
Juanda
05 Apr 2020 10:10 AM
Aslmm..
Untuk memastikan verifikasi yang sudah di terima / tidak ,, bisa melihat informasi di alamat mana bapak/ibu
Ayu devita
Ayu devita
05 Apr 2020 11:29 AM
Saya di phk karna pengurangan karyawan. Sayang bekerja di pt.word innovatife telecommunication
Reza Fahlefi
Reza Fahlefi
06 Apr 2020 03:42 PM
Kalo usia 22th itu bisa mendapatkan kartu pra - kerja tidak ?
Alfian lutfi
Alfian lutfi
06 Apr 2020 06:47 PM
Mendaftar
Doni alfi
Doni alfi
06 Apr 2020 08:54 PM
Susah cari kerja pas ada virus corona
Doni Alfi
Doni Alfi
06 Apr 2020 08:55 PM
Susah cari kerja semenjak virus conora
Agus sanjaya
Agus sanjaya
06 Apr 2020 10:17 PM
Saya cuma pedagang kaki lima gimana caranya dapat kartu prakerja
Ahmad Ruhadi
Ahmad Ruhadi
07 Apr 2020 03:36 PM
Apakah kartu prakerja diberikan khusus untuk yg terdampak Corona?

Kasian ini para pengangguran yg udah nunggu dari tahun kemarinšŸ˜’
Deni
Deni
07 Apr 2020 11:15 PM
Ingi dapat kerjaan
Iwan kuswanda
Iwan kuswanda
08 Apr 2020 04:34 PM
Saya phk .. dari pt ski jn.modern indusrti.IV no.11 kawasan industri modern cikande kab.serang

Add New Comment

 Your Comment has been sent successfully. Thank you!   Refresh
Error: Please try again