Tuesday, 27 June 2017
Anda Berada di : Beranda » Wadah Kreativitas Entrepreneur Resmi Dibuka

Wadah Kreativitas Entrepreneur Resmi Dibuka

Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Provinsi Banten melaunching D'Taker Creative Center yang akan menjadi wadah bagi masyarakat Banten untuk mengasah dan melatih kreativitas mereka.

Selain itu wadah tersebut diharapkan dapat menjaring sebanyak-banyaknya masyarakat Banten yang memiliki semangat untuk berwirausaha, untuk diberi pelatihan dan keterampilan. Instruktur D'Taker Creative Center Babay Suhendri mengatakan, D'taker dibentuk agar masyarakat Banten memiliki tempat untuk menggelar pelatihan.

“Kami bersama teman-teman yang menekuni dunia entrepreneur sejak 2014 sampai 2016 banyak mengadakan pelatihan, mulai digital printing, pembuatan pernak-pernik, tapi tidak memiliki temapat yang tetap. Akhirnya terinspirasi dengan Bandung Creatif Art, kami ngomong ke Disnaker Provinsi Banten dan akhirnya direspon, dan Alhamdulillah hasilnya terbentuk D'Taker ini,” kata Babay

Ia menuturkan, dengan adanya D'taker Creative Center tersebut masyarakat Banten terutama para pemuda yang memiliki kretivitas dan serius dalam menekuni bidang entrpreneur dapat terfasilitasi.

“Intinya orang-orang kreatif di Banten ini harus memiliki wadah, di sini banyak alat-alat yang tidak dimiliki oleh mereka, sehingga mereka bisa melakukan pelatihan di sini secara gratis. Di sini ada mesin sablon digital, digital printing, mesin pembuatan alas kaki, mesin jahit dan pelatihan fotografer,” ujar ketua Forum UMKM Kabupaten Serang itu.

Selain memberi fasilitas training dan konsultasi, lanjut Babay, D'Taker juga membantu memasarkan produk yang dihasilkan oleh peserta yang mengikuti pelatihan di D'taker.

“Fungsi D'Teker ini yaitu untuk training, kemudian sebagai sebagai galeri produk yang mereka hasilkan, terus juga sebagai wadah konsultasi. Siapa saja boleh datang ke sini, kita tidak memungut biaya, cuman sementara kita bisa menampung 15 sampai 20 orang karena tempat masih terbatas. Mudah-mudahan keberadaan D'Taker bisa memberi manfaat bagi masyarakat Banten secara luas,” paparnya.

Kepala Bidang (Kabid) Pelatihan dan Penempatan Kerja (Lapenta) Disnaker Provinsi Banten Taufik Rahman mengatakan, dibentuknya D'Taker sebagai upaya untuk mengurangi tingkat pengangguran di Provinsi Banten.

“Kita tahu pengangguran masih tinggi, dengan adanya D'taker ini diharapkan dapat menciptakan keterampilan bagi masyarakat Banten, sehingga mereka yang sudah ikut pelatihan di sini dapat menciptakan lapangan kerja sendiri, bahkan diharapkan dapat merekrut tenaga kerja lain. Kita sudah sosilaisi ke sekolah-sekolah agar mereka tertarik mengikuti pelatihan di sini,” kata Taufik. (CTB-

Banner