TEMU KARYA GUGUS KENDALI MUTU DAN PRODUKTIVITAS TAHUN 2019


TEMU KARYA GUGUS KENDALI MUTU DAN PRODUKTIVITAS ini, karena kegiatan ini sangat penting dalam upaya kita membangun mutu dan daya saing. kita perlu terus meningkatkan semangat, motivasi dan tekad kita dalam menerapkan gugus kendali mutu pada dunia industri agar produktivitas, mutu produk semakin kuat dan daya saingnya semakin meningkat. 

Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Provinsi Banten sebagai leading sector yang fokus pada peningkatan mutu sumber daya manusia, berperan serta juga dalam peningkatan produktivitas perusahaan dan daya saing daerah dalam rangka upaya peningkatan produktivitas secara terus menerus (continous productivity improvement) dan memasyarakatkan perbaikan mutu di kalangan industri.

kita mengenal strategi peningkatan produktivitas melalui aim (awareness, improvement, mainteanance). ketiganya harus terus dilakukan untuk dapat menghasilkan produktivitas yang terus meningkat. gugus kendali mutu adalah salah satu program peningkatan produktivitas yang mengandung ketiga strategi tersebut di dalamnya.

dinas tenaga kerja dan transmigrasi provinsi banten telah melaksanakan program-program diantaranya :

  1. pelatihan peningkatan produktivitas
  2. pelatihan kader produktivitas
  3. bimbingan konsultansi produktivitas
  4. bimtek pengukuran produktivitas
  5. penilaian dan penghargaan produktivitas (siddhakarya)
  6. temu karya gugus kendali mutu dan produktivitas

GUGUS KENDALI MUTU DAN PRODUKTIVITAS adalah grup kecil terdiri dari karyawan pelaksana langsung pekerjaan yang secara kontinyu melakukan pengendalian dan perbaikan dari kualitas kerja, produk, dan jasa mereka. selain beroperasi secara mandiri, grup itu juga memanfaatkan konsep dan teknik kendali mutu serta perbaikan perangkat kerja lainnya, menggali kreativitas anggota, serta mempromosikan pengembangan diri dan pengembangan tim.

Tujuan utama gugus kendali mutu adalah :

  1. melahirkan gkm berprestasi sebagai sarana untuk evaluasi keberhasilan penerapan gkm, serta sekaligus pemberian penghargaan atas prestasinya.
  2. industri semakin menyadari/mengerti pentingnya penerapan gkm dalam peningkatan mutu dan produktivitas serta daya saing.
  3. meningkatkan partisipasi karyawan untuk memperbaiki lingkungan kerjanya sehingga mereka dapat melakukan pekerjaan dengan senang, mudah, dan ringan yang akan berdampak pada keselamatan kerja, produktivitas, dan kualitas produk.
  4. meningkatkan kualitas mutu produk dan manajemen pelaku industri untuk peningkatan produktivitas secara terus menerus (continous productivity improvement)
  5. meningkatkan pemasyarakatan gkm dikalangan pengusaha industri sehingga akan mendorong perkembangan budaya mutu, produktivitas dan daya saing industi yang mutlak diperlukan untuk menghadapi era globalisasi.
  6. memberikan motivasi kepada pengusaha dalam meneruskan dan meningkatkan penerapan gkm dalam lingkungan masing-masing.

 

dampak positif dari penyelenggaraan gugus kendali mutu termasuk diantaranya memberikan kesempatan bagi seluruh karyawan untuk meningkatkan kapabilitas individu dan di saat yang bersamaan menjadi bagian dari tim yang kuat. juga membentuk pola pikir engineer untuk melihat dan melakukan perbaikan yang kreatif dan inovatif, dan menjadi sarana transfer keahlian dan keterampilan.


Tentang Kami


Statistik Kunjungan


Kritik dan Saran