Hari Farmasi Indonesia dan Fakta di Baliknya


Hari Persatuan Farmasi Indonesia jatuh pada 13 Februari. Farmasi merupakan salah satu bidang keprofesian dalam tenaga kesehatan yang merupakan kombinasi antara ilmu kesehatan dan juga ilmu kimia.

Profesi itu bertanggung jawab untuk memastikan efektivitas dan keamanan penggunaan obat tersebut, akan digunakan oleh dokter untuk menyembuhkan berbagai penyakit dan membantu menyehatkan kembali pasien yang datang ke dokter.

Farmasi sendiri menjadi salah satu profesi penting yang harus ada di setiap negara, termasuk di Indonesia. Berbicara salah formasi maka cukup banyak sekolah yang dapat menghasilkan para tenaga kesehatan atau informasi yang berjasa. Jika menyinggung farmasi maka kita akan membahas soal Hari Persatuan Ahli Farmasi Indonesia, yang diperingati setiap 13 Februari setiap tahunnya.

Sejarah Hari Persatuan Ahli Farmasi
Tanggal ini juga sebenarnya menjadi salah satu sejarah di mana terbentuknya Persatuan Ahli Farmasi Indonesia atau disingkat sebagai PAFI, yang dibentuk pada tanggal 13 Februari 1946 oleh Bapak Zainal Abidin. Ia berhasil diangkat menjadi Ketua PAFI pada masa tersebut. Hal ini berkaitan dengan jasanya yang dilakukan di Hotel Merdeka Yogyakarta. Pada tanggal 13 Februari 1946 berdiri organisasi Farmasi pertama dan tertua yang ada di Indonesia. Dengan disingkat sebagai PAFI atau Persatuan Ahli Farmasi Indonesia organisasi ini, bertugas untuk mewadahi profesi asisten apoteker atau AA, ataupun tenaga teknis kefarmasian atau biasa disebut dengan TTK. Mengapa PAFI termasuk organisasi farmasi tertua? Hal ini berkaitan dengan pada masa kolonial Belanda pada saat itu.

Di mana Ikatan Apoteker Indonesia atau IAI memang belum dibentuk, karena hanya pendidikan asisten apoteker yang dapat menjalankannya. Bahkan rintisan harus dididik langsung dari negeri Belanda. Ikatan Sarjana Farmasi Indonesia (ISFI) baru hadir pada 15 Septemer 1965, yang sebenarnya telah hadir dengan nama IAI yang berdiri pada 18 Juni 1955.
ISFI kemudian kembali menjadi IAI pada Kongres XVIII ISFI di Jakarta. PAFI atau Persatuan Ahli Farmasi Indonesia yang sekarang ini disebut Tenaga Teknis Kefarmasian (TTK) didirikan di Hotel Merdeka Jogyakarta dengan Ketua PAFI Pertama yakni, Zainal Abidin.

Farmasi Indonesia Terus Meningkat

Alasan inilah yang menandakan formasi Indonesia terus berjuang. Untuk memperbaiki kualitas dan meningkatkan sumber daya manusia yang dapat menangani hal tersebut. Farmasi Indonesia melalui perjalanan panjangnya telah membuktikan bahwa mereka dapat memberikan peranan yang sangat penting dan besar, terhadap perjuangan bangsa Indonesia.
Berbicara soal hari persatuan ahli farmasi yang 13 Februari setiap tahunnya profesi asisten apoteker lebih dulu muncul keberadaannya dibanding profesi apoteker. Hal ini disebabkan oleh keterbatasan dari pemerintah Belanda yang memang tidak membolehkan apoteker dapat berkembang di Indonesia. Tahun ini, farmasi Indonesia, memasuki usia 73 tahun tentu saja bukan usia yang muda lagi. Bagi sebuah organisasi namun semakin tinggi organisasi tersebut. Maka akan semakin banyak hal yang dapat diberikan diberikan terutama dalam hal sejarahnya.

Sumber : https://health.detik.com


Tentang Kami


Statistik Kunjungan


Kritik dan Saran