Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Dan Aktif (GERMAS)

Sumber Gambar : Dharma Wanita Pesatuan Disnakertrans Provinsi Banten

SERANG - GERMAS adalah sebuah gerakan yang bertujuan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat. Mengatasi masalah kesehatan masih menjadi sebuah tantangan serius di Indonesia. Kini setidaknya masih ada triple burden atau tiga masalah kesehatan penting terkait pemberantasan penyakit infeksi, bertambahnya kasus penyakit tidak menular dan kemunculan kembali jenis penyakit yang seharusnya telah berhasil diatasi.

Dalam rangka mendukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Dan Aktif (GERMAS) di Lingkungan Pemerintah Provinsi Banten, Dharma Wanita Persatuan dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Provinsi Banten ikut serta dalam pelaksanaan Kegiatan Senam Bersama yang diselenggarakan oleh Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Banten, Jumat (28/6/2024).

Kegiatan ini dilaksanakan bertempat di Lapangan Apel Setda Provinsi Banten, Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B) JL. KH. Syech Nawawi Al-Bantani Palima-Kota Serang. Menurut Ny. Dwi Karyadi Anggota Dharma Wanita Persatuan Disnakertrans Provinsi Banten, mengungkapkan "Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dilaksanakan untuk meningkatkan produktivitas penduduk dan menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan akibat penyakit dengan mempercepat dan mensinergikan upaya promotif dan preventif dalam berprilaku hidup sehat."

Menurut Nina Andayani, "Instruksi Presiden  Nomor 6 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat tidak hanya sebagai program pemerintah saja namun aksi nyata dari pemerintah daerah dalam mendukung hidup sehat yang dapat dilakukan dengan penyampaian informasi layanan masyarakat hidup sehat dan bersih melalui sarana media website pemerintah ataupun melalui media sosial lainnya yang dibantu kegiatan langsung oleh perangkat daerah. Layanan kesehatan yang dimiliki oelh pemerintah daerah dapat berperan serta dengan memberikan ruang publik pada media eletronik sebagai tempat pelayanan edukasi kesehatan ataupun informasi pelayanan pemeriksaan atau sumbangsih dari kelompok tenaga medis yang peduli tercapainya Indonesia sehat, pungkasnya."

Kesehatan adalah salah satu aset paling berharga dalam hidup. Tanpa kesehatan yang baik, segala aktivitas dan pencapaian bisa menjadi tidak bermakna. Germas hadir sebagai upaya untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan yang kerap diabaikan oleh banyak orang. Dengan menjalankan Germas, kita tidak hanya menjaga kesehatan diri sendiri, tetapi juga berkontribusi terhadap kesehatan masyarakat secara keseluruhan.


Share this Post