Penganugerahan K3 Award Provinsi Banten Tahun 2024

Sumber Gambar : PPID Pelaksana Disnakertrans

 

Pj. Gubernur Provinsi Banten Al Muktabar mengatakan, tantangan ketenagakerjaan terus berkembang seiring dengan perkembangan dinamika dunia usaha dan industri. Oleh karena itu, aspek keselamatan dan kesehatan kerja (K3) harus menjadi perhatian dan prioritas bagi dunia kerja di Provinsi Banten. Atas alasan itu, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Banten menggelar penganugerahan Penghargaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3 Awards) 2024, Rabu (28/2/2024) yang dilaksanakan di Pendopo Gubernur KP3B.

"Kegiatan ini adalah bagian dari upaya Pemerintah Provinsi Banten, khususnya Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi dalam mengampanyekan K3 dengan memberikan apresiasi berupa K3 Award kepada pihak-pihak yang telah berhasil menerapkan K3 pada Perusahaannya." Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Banten Septo Kalnadi mengatakan, K3 Award diberikan kepada perusahaan yang berhasil mencapai kecelakaan nihil, penerapan sistem manajemen K3 (SMK3), P2K3,  pencegahan dan penanggulangan HIV-AIDS di tempat kerja, Upaya tersebut sudah beberapa tahun memperlihatkan hasil. Jumlah perusahaan yang mempertahankan nihil kecelakaan setiap tahun mengalami peningkatan," pungkasnya.

Dalam penganugerahan K3 Awards 2024, di ikuti sebanyak 329 Perusahaan yang terdiri dari peraih penganugerahan Zero Accident sebanyak 123 perusahaan, Kategori P2K3 sebanyak 137 perusahaan serta sebanyak 33 perusahaan peraih nominasi pencegahan HIV/AIDS di perusahaan.

“Maka apresiasi ini kita persembahkan dengan segenap harapan-harapan besar kita kepada perusahaan yang ada di Banten”, tambahnya.Dirinya mengatakan, melalui pengawasan yang dilakukan Pemerintah Provinsi Banten berkomitmen penuh mewujudkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja, serta terus giatkan mitigasi risiko kecelakaan kerja di seluruh Perusahaan yang ada di Provinsi Banten. Selain itu Al Muktabar juga mendorong untuk menyalurkan program Corporate Social Responsibility (CSR) kepada masyarakat sekitar perusahaan.

“Program Corporate Social Responsibility (CSR) itu pada dasarnya menghubungkan, mengakrabkan dan mengkonektivitaskan antar perusahaan dengan masyarakat setempat. Pola-pola komunikasi seperti ini dapat menjadi salah satu upaya mitigasi resiko kecelakaan kerja,” ucapnya.Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Provinsi Banten Septo Kalnadi dalam sambutannya mengatakan pemberian penghargaan K3 Award ini merupakan penilaian di tahun 2023 dengan tujuan meningkatkan perlindungan terhadap tenaga kerja dan orang lain yang ada ditempat kerja dan dapat menciptakan lingkungan kerja yang aman, sehat dan Sejahtera.“Terutama tujuannya selain memberikan perlindungan terhadap tenaga kerja juga dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas kerja” ungkap Septo.

 


Share this Post