Penyebaran Informasi dan Edukasi Bidang Ketenagakerjaan Melalui Media Podcast

Sumber Gambar : PPID Pelaksana Disnakertrans

Bagi pendengar, podcast tentu akan bermanfaat sebagai salah satu cara untuk belajar. Pendengar bisa belajar dari informasi-informasi yang didapatkan selama mendengarkan sebuah konten podcast. Selain itu, podcast juga terhindar dari berbagai macam iklan yang mengganggu. Perkembangan teknologi dan kebutuhan jangkauan akses infomasi terkini membutuhkan sarana dan media yang tepat agar informasi yang disampaikan sesuai sasaran. Akhir-akhir ini, banyak sekali content creator maupun influencer melalui media social yang membuat konten berbasis siaran radio atau sering disebut dengan istilah podcast. Banyak yang tertarik dengan konten tersebut karena terdapat proses diskusi yang menarik dan terkesan lebih santai di dalamnya. Podcast sendiri adalah salah satu media konten yang banyak mendapat perhatian publik karena terkesan lebih intens dan fleksibel jika dibandingkan dengan siaran radio pada umumnya.

Melihat kelebihan media tersebut, maka PPID Pelaksana Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Banten tertarik menerapkan sebagai bagian media informasi dan edukasi untuk pelayanan  bidang ketenagakerjaan  Disnakertrans Provinsi Banten. Upaya penyebaran informasi ditantang harus lebih kreatif, inovatif. dan menggunakan media online, Pertimbangan lainnya adalah hampir sebagian besar sasaran masyarakat yang saat ini  paham ‘gadget’, bisa menjangkau lebih luas dan dapat disimpan serta dibuka kapan saja.

Hal ini disampaikan Mediator Muda Disnakertrans Provinsi Banten Liem Lioni, Selasa (20/2/2024) dalam Acara Diskusi Podcast perdana yang dilaksanakan Dinas tenaga Kerja Dan transmigrasi Provinsi Banten dengan Topik Penyelesaian Perselisihan Hubungan Indsutrial (Peran serta tugas Mediator) yang dipandu oleh Host/Pembawa Acara Rizal Ibnu Susi LT, serta narasumber Liem Lioni (Mediator muda).   Selain menarik, audience/pendengar  menjadi lebih fokus untuk menyimak materi yang diperdengarkan. Melalui podcast, pendengar diharapkan  dapat memaksimalkan indra pendengaran,  mengasah daya ingatnya dengan menceritakan apa yang telah didengarnya.


Share this Post