Persiapkan Dirimu, Kuasai Skill yang Dibutuhkan untuk Jadi Global Talent!

Sumber Gambar :

Saat ini, kekurangan tenaga kerja terampil (skill shortage) telah menjadi isu global. Beberapa negara menawarkan visa kerja untuk menarik tenaga ahli dari luar negeri. Di sisi lain, kesempatan bekerja di dalam negeri pun tidak sebanding dengan banyaknya jumlah tenaga kerja yang tersedia, sehingga salah satu peluang yang bisa diambil adalah berkarir di luar negeri (global talent)!

Di tahun 2024, salah satu tantangan bonus demografi di era digital adalah kekurangan talenta dengan skill tertentu. Kekurangan talenta ini menyebabkan posisi kosong yang tidak terisi, pertumbuhan ekonomi yang terhambat, dan produktivitas yang menurun.

Negara maju seperti Jerman, Jepang, Singapura, Australia, atau Korea Selatan juga mengalami fenomena skill shortage ini. Jerman, misalnya, membutuhkan tenaga kerja di bidang IT, teknik, dan kesehatan. Jepang kekurangan tenaga ahli di bidang teknologi informasi, keperawatan, dan robotika. Sementara itu, Uni Emirat Arab mencari tenaga di bidang penjualan, pemasaran, IT, keuangan, hukum, dan employee relations.

Peluang Bagi Masyarakat Indonesia

Di tengah kebutuhan keterampilan tersebut, masyarakat Indonesia dapat memanfaatkan peluang ini dengan mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan dan mempersiapkan diri untuk bersaing di pasar tenaga kerja global. Berikut beberapa langkah yang bisa kamu kejar untuk mengambil kesempatan ini:

  1. Pendidikan dan Pelatihan: Kamu bisa mengikuti pendidikan dan pelatihan di bidang yang sedang kekurangan tenaga ahli, seperti IT, kesehatan, dan teknik. Lulusan dengan kualifikasi tinggi dari universitas atau lembaga pelatihan yang diakui akan memiliki peluang lebih besar untuk diterima bekerja di luar negeri.
  2. Penguasaan Bahasa: Menguasai bahasa Inggris atau bahasa negara tujuan merupakan nilai tambah untuk kamu. Bahasa merupakan kunci komunikasi yang penting dalam lingkungan kerja internasional.
  3. Sertifikasi Profesional: Mendapatkan sertifikasi profesional di bidang tertentu dapat meningkatkan kredibilitas dan daya saing di pasar tenaga kerja global. Misalnya, sertifikasi dalam bidang IT, manajemen proyek, atau kesehatan.
  4. Pengalaman Kerja: Memiliki pengalaman kerja yang relevan dalam bidang yang diminati. Pengalaman kerja di perusahaan multinasional atau proyek internasional dapat membuat kamu punya nilai tambah.

Jadi, Siapkan Dirimu Melalui Prakerja!

Untuk meningkatkan keterampilan dan memanfaatkan peluang tersebut, Program Kartu Prakerja menjadi solusi yang bisa kamu ambil. Kabar baiknya, Gelombang 70 Prakerja akan dibuka pada Jumat, 14 Juni 2024. Ini artinya, buat kamu yang sudah membuat akun di prakerja.go.id bisa klik tombol “Gabung Gelombang” pada dashboard kamu!

Dengan mengikuti Program Kartu Prakerja, kamu bisa persiapkan diri dengan skill bahasa, sertifikasi, maupun keterampilan lainnya untuk dapat bersaing di pasar global. Siapkan diri meraih mimpi, sekarang juga!

Ini adalah kesempatan emas bagi kamu yang belum sempat mendapatkan beasiswa pelatihan dari Prakerja. Program ini menawarkan berbagai manfaat untuk meningkatkan kompetensi dan membantu kamu mendapatkan pekerjaan, atau meningkatkan skill kamu sehingga bisa naik jabatan, juga membuat usaha sendiri. Jika kamu terpilih sebagai peserta, kamu akan mendapatkan banyak keuntungan, seperti:

  • Pelatihan Salam berbagai tipe, mulai dari tipe webinar, tipe tatap muka, dan tipe pembelajaran mandiri.
  • Saldo pelatihan Rp3.500.000 yang dapat dimanfaatkan untuk membeli pelatihan berbagai bidang, seperti teknologi informasi, bisnis, pengembangan diri, desain grafis dan banyak lagi.
  • Sertifikat GRATIS yang sudah dinyatakan kompeten akan mendapat jaminan Sertifikat Kompetensi Profesi dari BNSP sesuai dengan profesi yang telah dimiliki.

 

Bagaimana cara mendaftarnya?

Pendaftaran Prakerja sangat mudah dan dapat dilakukan secara online melalui website https://dashboard.prakerja.go.id/. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buat akun Prakerja dengan menggunakan email dan nomor handphone Anda.
  2. Verifikasi data diri Anda dengan mengunggah KTP dan KK.
  3. Ikuti tes motivasi dan kemampuan dasar secara online.
  4. Klik tombol “Gabung Gelombang” pada pembukaan gelombang.
  5. Tunggu pengumuman kelulusan.

Sebarkan informasi ini kepada teman dan keluarga kamu, agar mereka juga tidak ketinggalan kesempatan ini!

Sumber : Prakerja


Share this Post