UPTD Latihan Kerja Disnakertrans Provinsi Banten Berikan Pelatihan Berbasis Kompetensi

Sumber Gambar : PPID Pelaksana

SERANG - Dalam rangka memberikan bekal ketrampilan kepada masyarakat, UPTD Latihan Kerja (Latker) Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Banten memberikan pelatihan berbasis kompetensi kejuruan Makeup/ Kecantikan. Kegiatan Ini dilaksanakan di Panancangan, Kec. Cipocok Jaya, Kota Serang, Selasa (28/5/2024).

Kegiatan ini dihadiri serta dibuka secara resmi oleh Plh. Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Banten H. Agus Mintono, SH,MH yang didampingi oleh Sekretaris Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Banten Erwin Syafrudin, SH, M.Si, serta Kepala UPTD Latihan Kerja Provinsi Banten Heryanto, S.Pd, M.Si, serta Kepala Seksi Pengembangan dan Pemasaran Ahmad Hafids, S.Sos, M.AK.

Plh. Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Banten H. Agus Mintono, SH,M.Si mengungkapkan kegiatan pelatihan dilakukan untuk mengupgrade skill, pengetahuan, mengasah sikap, etika dan perilaku peserta dengan tujuan menjembatani program pemerintah dalam mengentaskan pengangguran, “Pelatihan berbasis kompetensi diselenggarakan Pemerintah Provinsi Banten melalui UPTD Latihan Kerja Provinsi Banten diimplementasikan dalam bentuk pelatihan gratis dengan harapan dapat bermanfaat bagi calon-calon pencari kerja dalam memperdalam ilmu, mengembangkan potensi dan melegalisasi kompetensi,” ujarnya.

Sekretaris Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Banten Erwin Syafrudin, SH, M.Si, pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan ketrampilan sesuai bidang kejuruan masing-masing dan meningkatkan ketrampilan masyarakat pada usia produktif yang tidak melanjutkan pendidikan.

“Dengan ketrampilan yang telah dimiliki diharapkan peserta dapat menumbuhkan jiwa wirausaha mandiri serta terwujudnya kualitas sumberdaya manusia yang trampil, kompeten dan produktif pada bidang masing-masing kejuruan yang memenuhi persyaratan untuk mengisi jabatan operator di perusahaan/dunia usaha,” pungkasnya.

Menurut Erwin Syafrudin, pelatihan yang bersumber dari dana APBD ini dilakukan untuk melatih masyarakat pada usia Produktif antara usia 18 sampai dengan 35 tahun. Dimana sasaran yang ingin dicapai pada kegiatan ini adalah untuk terciptanya kompetensi sumber daya manusia unggul demi tercapainya masyarakat terampil dan maju melalui program peningkatan kompetensi tenaga kerja dan produktivitas berupa pelatihan berbasis kompetensi.

Sementara itu, Kepala UPTD Latihan Kerja Provinsi Banten Heryanto, S.Pd, M.Si,menambahkan dengan pertumbuhan penduduk yang begitu tinggi, ditambah lagi lulusan dari pendidikan formal kurang terampil, beretos kerja rendah, kurang profesional akan mengalami kesulitan masuk di pasar kerja baik di dalam maupun di luar negeri, "Untuk mengatasi hal tersebut, Disnakertrans Provinsi Banten melalui UPTD Latihan Kerja Provinsi Banten berupaya memanfaatkan potensi yang ada untuk mengurangi pengangguran melalui program peningkatan tenaga keja dan produktivitas berupa pelatihan berbasis kompetensi,” terangnya.

“Oleh karena itu dipandang perlu untuk melakukan kegiatan pelatihan pada masyarakat usia produktif agar bisa bersaing di dunia kerja yang diharapkan akan berdampak pada pengurangan angka pengangguran,” pungkasnya.


Share this Post