Pemberian Penghargaan Kecelakaan Nihil (Zero Accident) Dan P2K3

Pemberian Penghargaan Kecelakaan Nihil (Zero Accident) Dan P2K3

SERANG, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Banten Selasa,27/02/2020 dalam Pelaksanaan Kegiatan Pemberian Penghargaan Kecelakaan Nihil (Zero Accident) dan Panitia Pembina Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (P2K3) Tahun 2020  Bertempat dipendopo Gubernur Provinsi Banten,JL.KH. Syech Nawawi Al--Bantani Palima (Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten) Serang.
Pelaksanaan Kegiatan Pemberian Penghargaan Kecelakaan Nihil (Zero Accident) dan Panitia Pembina Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (P2K3) bertemakan

“Optimalisasi Kemandirian Masyarakat Berbudaya Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (k3) Pada Era Revolusi Industri 4.0 Berbasis Teknologi Informasi”

Acara ini dibuka lansung oleh Gubernur Provinsi Banten Bapak Dr. H. Wahidin Halim, M.Si, maksud dan tujuan dilaksanakannya Pemberian Penghargaan Kecelakaan Nihil (Zero Accident) dan Panitia Pembina Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (P2K3) Tahun 2020:

a. Meningkatkan lingkungan kerja yang aman, sehat dan sejahtera;
b. Meningkatkan efisiensi dan produktivitas kerja;


Penerima Penghargaan Kecelakaan Nihil (Zero Accident) Dan Panitia Pembina Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (P2K3) Tahun 2020  diikuti oleh pimpinan/karyawan perusahaan dari Kabupaten/Kota se Provinsi Banten sebanyak 300 (Tiga Ratus) Perusahaan serta 158 Penghargaan P2K3 dan 142 Penghargaan Zero Accident, Kepala Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Provinsi Banten H. Al Hamidi S.Sos,M.Si mengutarakan tidak semua perusahaan yang ada di Provinsi Banten mendapatkan penghargaan, hanya beberapa perusahaan dengan ketentuan  dan kriteria perusahaan (Permenaker No.01/Men/2007),antara lain:


1. Bagi perusahaan besar dengan jumlah karyawan keseluruhan lebih dari 100 (seratus) orang, tidak terjadi kecelakaan kerja (insiden) yang menghilangkan waktu kerja berturut-turut selama 3 (tiga) tahun atau telah mencapai 6.000.000 (enam juta)jam kerja tanpa kecelakaan kerja (insiden)yang menghilangkan waktu kerja;

2. Bagi perusahaan menengah dengan jumlah karyawan keseluruhan sampai dengan 50 (lima puluh) orang tidak terjadi kecelakaan kerja (insiden) yang menghilangkan waktu kerja berturut-turut selama 3 (tiga) tahun atau telah mencapai 1.000.000 (satu juta)jam kerja tanpa kecelakaan kerja (insiden)yang menghilangkan waktu kerja;

3. Bagi perusahaan kecil dengan jumlah karyawan keseluruhan lebih dari 49 (empat puluh sembilan) orang, tidak terjadi kecelakaan kerja (insiden) yang menghilangkan waktu kerja berturut-turut selama 3 (tiga) tahun atau telah mencapai 300.000 (tiga ratus ribu)jam kerja tanpa kecelakaan kerja (insiden)yang menghilangkan waktu kerja;

4. Bagi perusahaan sektor konstruksi perusahaan kontraktor utama yang telah selesai melaksanakan pekerjaan  tanpa terjadi kecelakaan kerja(insiden) yang menghilangkan waktu kerja dengan waktu pelaksanaan  1(satu) tahun perusahaan sub – kontraktor merupakan pendukung data bagi perusahaan kontraktor utama.

Kriteria P2K3 dilihat dari program kegiatan dan diperiksa langsung ke lapangan, hasil dari kegiatan ini adalah berkurangnya angka kecelakaan kerja dan meningkatkan Standar Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3).


Share :

Add New Comment

 Your Comment has been sent successfully. Thank you!   Refresh
Error: Please try again